10 Aplikasi Speedtest Internet Terbaik Android 99% Akurat 2024

Aplikasi Speedtest Internet Terbaik – Sebagai pengguna layanan internet rumah alias Wifi, pastinya kalian sangat memperhatikan mengenai kualitas kecepatan internet yang ditawarkan. Semakin cepat koneksi yang diberikan, maka semakin optimal aktivitas Online yang dilakukan.

Setiap penyedia jasa layanan internet rumah di Indonesia seperti Indihome, Biznet dan Iconnect, masing-masing menawarkan beberapa pilihan paket Wifi dengan speed yang berbeda-beda.

Sementara itu, meskipun sudah membeli paket Wifi dengan kecepatan internet tertentu seringkali speed yang diberikan tidak sesuai. Oleh karena itu, sebagai pengguna kalian perlu melakukan Speedtest atau uji kecepatan internet.

Disini kami punya beberapa rekomendasi aplikasi Speedtest internet terbaik dan paling akurat. Kalian bisa menggunakan salah satu dari mereka untuk uji kecepatan internet rumah. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Aplikasi Speedtest Internet Terbaik

Aplikasi Speedtest Internet Terbaik

Seperti kami sebutkan diatas bahwa setiap Provider internet rumah di Indonesia menawarkan sedikitnya 3 pilihan paket Wifi dengan Speed internet berbeda-beda, mulai dari 10 Mbps sampai dengan ratusan Mbps.

Seperti hal nya yang tersedia pada pilihan paket Indihome dimana calon pelanggan bisa memilih paket dengan Speed antara 10 Mbps sampai 100 Mbps. Selain itu, ada juga beberapa pilihan paket lain yang dilengkapi dengan beragam bonus layanan dan fasilitas khusus.

Bahkan ada layanan internet rumah bernama First Media yang menawarkan paket Wifi dengan Speed hingga 300 Mbps. Namun semakin tinggi kecepatan internet yang ditawarkan, maka harga paket Wifi tersebut juga semakin mahal.

Selain internet rumah, untuk kalian yang menjadi pengguna internet seluler atau paket data juga memiliki ketentuan yang sama. Berbagai Operator Seluler seperti Telkomsel, Indosat, Tri dan XL juga menentukan harga paket internet sesuai dengan jumlah kuota yang diberikan. Hanya saja keterangan Speed internet yang disajikan memang tidak tertera.

Oleh karena itu, sebagai pelanggan tentu saja kalian ingin memperoleh kecepatan internet yang sebanding dengan budget untuk berlangganan paket tersebut. Jika sudah keluar uang banyak untuk beli paket internet kecepatan tinggi, tapi setelah dilakukan Speedtest ternyata kecepatan internet yang diperoleh tidak sesuai, pastinya kalian merasa dirugikan.

Jika terjadi seperti itu, jangan langsung beranggapan bahwa pihak Provider melakukan manipulasi, sebab hal itu bisa saja terjadi karena aplikasi Speedtest yang digunakan memang tidak akurat.

Sesuai janji diatas, berikut kami punya beberapa aplikasi Speedtest terbaik yang mampu melakukan uji kecepatan internet secara akurat. Aplikasi ini juga sering dipakai untuk melakukan uji kecepatan internet First Media, Indihome, Iconnect maupun kecepatan internet dari paket data seluler :

1. Meteor

Meteor

Pertama aplikasi Speedtest bernama Meteor. Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis di Google Play Store maupun App Store. Hingga saat ini sudah lebih dari 5.000.000 orang yang menjadi pengguna aplikasi Speedtest Meteor untuk mengetahui kecepatan rata-rata dari internet Wifi yang digunakan.

2. V-Speed

V Speed

Selanjutnya ada aplikasi Speedtest bernama V-Speed. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengukur kecepatan Upload dan Download dari Wifi maupun paket data. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan laporan terkait status sinyal internet dari lokasi kalian berada.

3. SpeedChecker

SpeedChecker

SpeedChecker juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk urusan cek kecepatan internet. Aplikasi buatan Speedchecker Ltd ini sudah di download lebih dari 5.000.000 pengguna Android. Dengan begitu, kinerja aplikasi ini dalam mengukur kecepatan internet mungkin tidak perlu diragukan lagi.

4. Speedcheck

Speedcheck

Selain SpeedChecker, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Speedcheck dari Internet Speed Test, Etrality. Aplikasi ini mampu melakukan Speedtest untuk kecepatan Download dan juga Upload. Bukan hanya itu, Speedcheck juga mampu mendeteksi tingkat PING dari perangkat yang terhubung ke Wifi atau paket data seluler yang digunakan. Semakin tinggi PING yang diterima, maka koneksi internet semakin tidak stabil.

5. Speedtest Master

Speedtest Master

Speedtest Master adalah aplikasi uji kecepatan internet yang di produksi oleh Test speed internet & Net meter. Di Google Play Store tercatat lebih dari 10.000.000 pengguna Android yang sudah menginstall aplikasi tersebut.

Selain menjadi alat untuk mengukur kecepatan internet atau Speedtest, aplikasi ini juga mampu mendeteksi perangkat yang terhubung ke Wifi kalian tanpa izin. Dengan begitu, setelah mengetahui data tersebut kalian bisa memblokir pengguna Wifi tersebut dengan cara Login Admin sesuai Provider Wifi yang digunakan.

6. Aplikasi Speedtest Fast

Aplikasi Speedtest Fast

Fast juga masuk dalam jajaran rekomendasi aplikasi Speedtest internet terbaik menurut Oolean.id. Aplikasi ini dibuat oleh Netflix, Inc yang berguna untuk Speedtest Wifi atau paket internet seluler.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, kalian hanya perlu menjalankan aplikasi Fast kemudian ketuk tombol Reload pada halaman utama. Setelah itu, akan muncul hasil Speedtest yang terdiri dari kecepatan Unduh dan kecepatan Unggah.

7. SpeedSmart

SpeedSmart

Veeapps juga merilis aplikasi Speedtest internet terbaik bernama SpeedSmart. Melalui aplikasi ini kalian tidak hanya bisa melakukan uji kecepatan internet, melainkan bisa juga melihat data PING, Jitter ms dan penggunaan data secara Real Time.

8. Speedtest by Ookla

Aplikasi Speedtest by Ookla

Dari sekian banyak aplikasi Speedtest internet terbaik, Speedtest by Ookla merupakan yang paling banyak digunakan. Selain mampu menampilkan hasil uji kecepatan internet yang akurat, Speedtest by Ookla juga bisa digunakan tanpa harus install aplikasi terlebih dahulu. Jadi, kalian bisa langsung mengunjungi situs Speedtest.net kemudian klik tombol Mulai untuk melakukan Speedtest.

9. Wifi Router Master

Wifi Router Master

Khusus untuk kalian yang sudah memasang Router TP-Link, Xiaomi atau merk lainnya untuk memperluas jangkauan sinyal Wifi di rumah, kalian bisa menggunakan aplikasi Speedtest internet Wifi Router Master.

Dengan aplikasi ini kalian bisa mengetahui kecepatan Download dan juga Upload dari internet Wifi Repeater. Tapi sebelum melakukan Speedtest, pastikan perangkat kalian sudah terhubung ke Wifi Repeater, jika tidak maka aplikasi hanya akan mendeteksi kecepatan internet dari Wifi sumber atau paket data seluler yang digunakan.

10. Internet Speed Test Master

Internet Speed Test Master

Terakhir, ada aplikasi Internet Speed Test Master yang di produksi oleh Think Exclusive Developer. Di Google Play Store, tercatat aplikasi ini telah memiliki rating 4.8, artinya Internet Speed Test Master bisa jadi pilihan terbaik untuk uji kecepatan internet Wifi, Router maupun paket data yang digunakan. Hasil test yang ditampilkan juga 98% akurat, sudah banyak yang membuktikan.

KESIMPULAN

Itu dia daftar aplikasi Speedtest internet terbaik versi Oolean.id. Semua aplikasi diatas mampu melakukan tes kecepatan internet dengan tingkat akurasi lebih dari 90%. Bagi kalian yang mungkin punya rekomendasi aplikasi tes kecepatan internet terbaik lainnya, silahkan berbagi melalui kolom komentar di bawah ini.

sumber gambar :

  • Tim Oolean.id
  • Google Play Store