2 Cara Ganti Paket Iconnect Online & Offline 2024

Cara Ganti Paket Iconnect – Selain Indihome dan Biznet, kini telah hadir layanan internet rumah terbaik bernama Iconnect PLN. Layanan ini dikelola oleh PT ICON+ yang merupakan anak perusahaan dari PT PLN (Persero).

Mungkin disini banyak dari kalian yang sudah terdaftar sebagai pelanggan Iconnect PLN. Dengan begitu, kalian pasti sudah memilih paket internet dan wajib membayarkan tagihan Iconnect setiap bulannya sebelum tanggal jatuh tempo.

Sementara itu, perlu diketahui juga bahwa masing-masing paket Wifi Iconnect memiliki ketentuan terkait Speed (kecepatan internet). Apabila paket Iconnect yang digunakan saat ini kurang memenuhi kebutuhan internet kalian, maka silahkan ganti paket Iconnect ke yang lebih kencang.

Selain karena kecepatan yang ditawarkan, ganti paket Iconnect juga bisa dilakukan karena beberapa faktor lainnya. Lalu seperti apa prosedur upgrade maupun downgrade paket Iconnect PLN? Temukan jawabannya di bawah ini.

Cara Ganti Paket Iconnect

Cara Ganti Paket Iconnect

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Iconnect merupakan salah satu layanan internet rumah terbaik selain Indihome, Biznet dan MyRepublic. Iconnect juga menawarkan beberapa pilihan paket dengan kecepatan mulai dari 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps.

Sementara itu, kebutuhan internet dari setiap pelanggan Iconnect juga mungkin berbeda, ada yang membutuhkan kecepatan internet hingga 100 Mbps demi kelancaran aktivitas dan ada juga yang tidak terlalu membutuhkan internet kencang, karena memang pengguna Wifi tersebut tidak terlalu banyak tidak memiliki aktivitas Online yang memerlukan koneksi internet cepat.

Selain itu, ganti paket Wifi Iconnect juga bisa dilakukan ketika biaya langganan atau tagihan setiap bulannya terlalu mahal, sehingga memberatkan biaya pengeluaran setiap bulan dan memilih ganti paket yang lebih murah. Apapun alasannya, berikut kami telah menyiapkan penjelasan mengenai tata cara ganti paket Iconnect PLN.

Untuk melakukan upgrade maupun downgrade paket Wifi Iconnet kalian hanya perlu memenuhi persyaratan berupa nomor tagihan atau ID Pelanggan yang diterima pada saat registrasi dan sudah bayar tagihan Iconnect bulan terakhir.

Misal, kalian ingin ganti paket Iconnect pada bulan Oktober, maka pastikan tagihan Iconnect bulan Oktober sudah dibayarkan. Informasi tagihan akan muncul pada awal bulan November, antara tanggal 5 – 10 dan harus dilunasi sebelum batas waktu pembayaran berakhir.

Artinya, proses ganti paket bisa dilakukan antara tanggal 10 – 15 November atau setelah tagihan bulan Oktober muncul dan dibayarkan. Transaksi bayar tagihan Iconnect bisa dilakukan lewat ATM, Mobile Banking, LinkAja, OVO, GOPAY dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk metode atau cara yang digunakan, kalian bisa memilih cara Offline maupun cara Online. Untuk cara Offline kalian perlu mendatangi kantor ICON+ terdekat lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Temui Petugas Customer Service

Silahkan ambil nomor antrian untuk bertemu dengan petugas Customer Service Iconnect

2. Sampaikan Maksud & Tujuan

Setelah itu sampaikan maksud kedatangan kalian adalah ingin ganti paket Iconnet. Sebutkan juga alasan kalian ingin merubah paket Iconnect. Lalu dari pihak petugas akan menjelaskan segala ketentuan terkait proses tersebut.

3. Pengecekkan Data Pelanggan

Selanjutnya kalian diminta untuk menyerahkan informasi berupa ID Pelanggan, Nomor HP dan Alamat Email yang terdaftar. Tunggu beberapa saat, petugas akan melakukan validasi berdasarkan data tersebut.

3. Pilih Paket

Apabila semua data sudah di validasi, selanjutnya kalian bakal diberi arahan untuk memilih paket Iconnect yang akan digunakan. Disana juga tertera informasi mengenai Speed dan biaya per bulan, silahkan pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

4. Proses Ganti Paket Berhasil

Setelah menentukan paket, selanjutnya petugas akan memproses migrasi paket Iconnect pada data kalian. Jika sudah, kalian akan menerima Email yang menyatakan bahwa proses ganti paket Iconnect PLN telah berhasil dan akan segera aktif dalam waktu 1 x 24 jam.

Cara Upgrade / Downgrade Iconnect PLN via Online

Selain melalui cara diatas, untuk menambah kecepatan atau menurunkan paket Iconnect PLN juga bisa dilakukan secara Online menggunakan aplikasi khusus bernama AIRcrm. Namun cara ini hanya bisa dilakukan oleh para Sales.

Dengan begitu, untuk kalian yang mungkin bertugas sebagai Sales Iconnect yang sudah memiliki akun AIRcrm, bisa membantu para pelanggan yang ingin ganti paket Iconnect. Sebelum itu, kalian perlu mengetahui nomor HP pelanggan itu terlebih dahulu.

Setelah itu, kalian bisa melakukan tata cara di bawah ini untuk ganti paket Iconnect PLN melalui aplikasi AIRcrm :

1. Buka Aplikasi AIRcrm

Buka Aplikasi AIRcrm

Pertama-tama silahkan buka aplikasi AIRcrm di smartphone lalu lakukan proses Login. Jika sudah, pada halaman utama silahkan pilih menu Opportunity (lihat gambar diatas).

2. Buat Opportunity Baru

Buat Opportunity Baru

Kemudian ketuk ikon (+) di sudut kanan atas untuk membuat Opportunity baru

3. Masukkan Data Pelanggan

Masukkan Data Pelanggan

Sekarang masukkan data pelanggan yang ingin ganti paket pada kolom Opportunity Name dan Contact Name

4. Klik Add More Product

Klik Add More Product

Jika sudah, silahkan klik menu Add More Product

5. Cari Paket Iconnect

Cari Paket Iconnect

Setelah itu ketik ICONNET pada kolom pencarian lalu cari paket Wifi Iconnect yang diinginkan

6. Pilih Status

Pilih Status

Selanjutnya klik menu Status dan pilih Negotiation

7. Tentukan Closing Date

Tentukan Closing Date

Tentukan juga Closing Date alias tanggal dimana kalian melakukan downgrade / upgrade paket Iconnect

8. Klik Submit

Klik Submit 1

Jika semua data sudah lengkap, silahkan tekan tombol Submit

9. Approved Deals

Approved Deals

Pada halaman berikutnya kalian klik menu Negotiation lalu pilih Approved Deals

10. Berhasil Ganti Paket Iconnect

Berhasil Ganti Paket Iconnect

Sampai disini kalian sudah berhasil mengganti paket Iconnect PLN. Sekarang kalian tinggal menunggu pemberitahuan berikutnya terkait proses perubahan paket tersebut.

Setelah mengetahui 2 (dua) cara untuk ganti paket Iconnect PLN, selanjutnya kalian juga perlu tahu bahwa proses ganti paket Iconnect tidak dikenai biaya layanan dalam bentuk apapun. Ketentuan ini berlaku untuk proses upgrade maupun downgrade paket.

Pada intinya, setelah paket berhasil diganti, selanjutnya pelanggan memiliki kewajiban untuk bayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Tarif baru akan berlaku setelah status perubahan paket diaktifkan oleh pihak Iconnect PLN selaku penyedia jasa.

KESIMPULAN

Demikianlah penjelasan dari Oolean.id mengenai cara ganti paket Iconnect PLN via Offline maupun Online. Jadi, proses perubahan paket biasanya dilakukan karena membutuhkan kecepatan internet lebih atau bisa juga karena biaya bulanan terlalu berat.

Dengan adanya fitur upgrade dan downgrade paket Iconnect, maka pelanggan tidak perlu khawatir ketika salah memilih paket pada saat registrasi, sebab di kemudian hari masih bisa dilakukan perubahan paket sesuai kebutuhan dan kemampuan pelanggan untuk bayar tagihan setiap bulan.

sumber gambar :

  • Tim Oolean.id