Martin Salam kenal semua, Kenalkan saya martin disini menjadi penulis di Oolean.id. Pada artikel yang saya bagikan disini, saya ingin membagikan informasi menarik dan dibutuhkan buat para pembaca yang bingung soal layanan internet rumah di Indonesia.

√ Tarif Wifi Naik 2022 : Indihome, First Media & MyRepublic

Tarif Wifi Naik Indihome First Media MyRepublic
Advertisements

Tarif Wifi Naik – Jumlah pelanggan Wifi memang meningkat cukup drastis sejak awal Pandemi kemarin. Hal ini tentu dikarenakan pada saat itu aktivitas seperti Sekolah bahkan Bekerja wajib dilakukan secara Online melalui aplikasi Google Classroom, Zoom Meeting dan sejenisnya.

Untuk kalian yang mungkin saat ini sudah terdaftar menjadi pelanggan Wifi atau Internet rumah, khususnya dari Provider Indihome, MyRepublic dan First Media, kami punya informasi penting yang wajib diketahui.

Jadi dalam waktu dekat, tarif Wifi dari ketiga Provider tersebut bakal naik alias lebih mahal dari sebelumnya. Berapa jumlah kenaikan tarif Wifi tersebut? Simak terus artikel untuk mengetahui jawaban selengkapnya.

Advertisements

Dengan adanya keputusan tersebut, artinya kalian harus menyiapkan budget lebih untuk membayar tagihan Wifi Indihome, First Media maupun MyRepublic setiap bulannya. Baiklah, daripada semakin penasaran langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Tarif Wifi Naik

Tarif Wifi Naik
Advertisements

Dalam menerapkan tagihan atau tarif Wifi, masing-masing Provider pastinya membebankan biaya PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Mengenai besaran jumlah PPN, hampir semua Provider menerapkan ketentuan yang sama, yaitu 10% dari nominal tagihan.

Sedangkan besaran tagihan Wifi disesuaikan berdasarkan jenis paket internet yang digunakan. Intinya, setiap pelanggan nantinya bakal diwajibkan bayar tagihan Wifi setiap bulannya sesuai besaran tarif yang telah ditentukan (jumlah tagihan + PPN 10%).

Nah, seperti kami sebutkan diatas bahwa beberapa hari lagi tarif Wifi untuk pelanggan Indihome, MyRepublic dan First Media bakal naik. Peraturan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Peraturan kenaikan tarif PPN sendiri diatur dalam Pasal 7 ayat 1 (a).

Jadi, ketentuan mengenai tarif Wifi naik ini hanya berlaku untuk jumlah PPN (Pajak Pertambahan Nilai) bukan untuk harga paket berlangganan yang ditawarkan. Sementara itu, untuk besaran tarif kenaikan dari masing-masing operator Wifi yang kami sebutkan diatas adalah sebagai berikut :

1. Kenaikan Biaya Langganan Wifi Indihome

Pertama, untuk para pelanggan Indihome nantinya tarif PPN Wifi bakal naik dari yang tadinya 10% sekarang menjadi 11%. Misal, jika sebelumnya kalian memiliki tagihan Indihome sebesar Rp. 300.000 ditambah PPN 10% sehingga total nya menjadi Rp. 330.000. Nantinya, setelah peraturan ini berlaku, maka perhitungannya menjadi Rp. 300.000 + PPN 11% = Rp. 333.000 (belum ditambah biaya admin).

2. Kenaikan Biaya Langganan Wifi First Media

Kedua, untuk para pelanggan First Media kalian juga bakal terdampak mengenai peraturan tarif PPN Wifi naik. Jumlah kenaikan tarif tersebut juga sama seperti Indihome, yaitu naik 1% dari yang sebelumnya 10% sekarang biaya PPN dari tagihan Wifi First Media naik menjadi 11%.

3. Kenaikan Biaya Langganan Wifi MyRepublic

Terakhir, kebijakan tarif Wifi naik juga berlaku untuk kalian yang terdaftar sebagai pelanggan MyRepublic. Jadi, nantinya ketika melakukan pembayaran tagihan MyRepublic akan kenaikan tarif PPN, dari 10% menjadi 11%.

Kapan Peraturan Biaya PPN Wifi Naik Mulai Diterapkan?

Dari poin pembahasan diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa ketiga ISP (Internet Service Provider) yang terdampak peraturan kenaikan biaya PPN, semuanya mengalami perubahan biaya PPN dari 10% menjadi 11%.

Kemudian ketentuan tersebut juga berlaku untuk semua paket internet Indihome, First Media maupun MyRepublic tanpa terkecuali. Lalu kapan sih peraturan diatas mulai berlaku atau diterapkan untuk para pelanggan dari ketiga Provider tersebut?

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, biaya PPN Wifi bakal naik per tanggal 1 April 2022 mendatang. Artinya untuk tagihan bulan depan, ketiga Provider Wifi diatas sudah mulai menerapkan tarif baru sesuai ketentuan yang berlaku.

Bahkan pada peraturan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 juga dijelaskan bahwa paling lambat tanggal 1 Januari 2025 biaya PPN Wifi bakal naik lagi menjadi 12%. Namun ketentuan tersebut mungkin masih bisa berubah, tergantung kebijakan dari pihak yang bersangkutan.

KESIMPULAN

Itulah pembahasan dari tim Oolean.id mengenai ketentuan tarif Wifi naik jadi 11% yang bakal diterapkan mulai tanggal 1 April 2022 mendatang. Diatas juga kami jelaskan bahwa peraturan tersebut hanya berlaku untuk tiga (3) layanan Internet rumah, yaitu Indihome, First Media dan MyRepublic.

Dengan begitu, untuk para pelanggan Biznet, Iconnect, MNC Play dan lain sebagainya mungkin tidak akan mengalami kenaikan biaya langganan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan suatu saat Provider lain juga bakal memberlakukan kenaikan biaya PPN seperti ketiga layanan sebelumnya.

0/5 (0 Reviews)
0/5 (0 Reviews)
Advertisements
Martin Salam kenal semua, Kenalkan saya martin disini menjadi penulis di Oolean.id. Pada artikel yang saya bagikan disini, saya ingin membagikan informasi menarik dan dibutuhkan buat para pembaca yang bingung soal layanan internet rumah di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.