√ Kuota Lokal Smartfren Tidak Bisa Digunakan 2024

Kuota Lokal Smartfren Tidak Bisa Digunakan – Sebagai pengguna Smartfren, pastinya kalian sering melakukan pembelian kuota atau paket internet. Smartfren sendiri menawarkan banyak pilihan produk paket internet.

Dari sekian banyak pilihan kuota Smartfren, beberapa diantaranya ada yang menawarkan bonus berupa kuota Lokal. Bonus kuota tersebut nantinya bisa digunakan untuk mengakses internet di wilayah registrasi. Selain itu, bonus ini juga bisa bermanfaat sebagai cadangan paket internet Utama.

Bicara mengenai kuota Lokal Smartfren, kami menerima informasi dari beberapa pengguna yang mengaku kuota Lokal Smartfren tidak bisa digunakan. Kenapa bisa terjadi demikian? Ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya masalah seperti itu.

Disini kami bakal membantu menjelaskan terkait penyebab hingga cara mengatasi kuota Lokal Smartfren yang tidak bisa digunakan. Penjelasan selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Kuota Lokal Smartfren Tidak Bisa Digunakan

Kuota Lokal Smartfren Tidak Bisa Digunakan

Saat ini hampir semua Provider menyediakan berbagai bonus kuota, salah satunya adalah kuota Lokal. Seperti kami sebutkan diatas, bonus kuota Lokal nantinya berlaku untuk akses internet di lokasi atau wilayah registrasi.

Contoh, kalian melakukan registrasi kartu di wilayah Jabodetabek, kemudian saat melakukan isi ulang kuota, kalian mendapatkan bonus kuota Lokal. Maka bonus tersebut hanya bisa dipakai pada wilayah Jabodetabek. Di luar wilayah tersebut, akses internet akan memotong kuota Utama.

Ketentuan serupa juga berlaku pada penggunaan kuota Lokal Smartfren. Ada beberapa produk kuota Smartfren yang menawarkan bonus tersebut, diantaranya adalah Gokil Max, Unlimited Nonstop dan lain sebagainya.

Sementara itu, jumlah kuota Lokal yang diterima juga berbeda-beda tergantung produk paket data dan jumlah kuota yang di Top Up. Berapa pun jumlah paket data Lokal yang diterima, bonus ini tetap sangat bermanfaat bagi para pengguna Smartfren.

Meskipun pengguna bisa mendapatkan kuota Gratis Smartfren melalui penukaran kode rahasia atau event-event tertentu, bonus kuota Lokal ini benar-benar bisa menekan jumlah penggunaan kuota Utama Smartfren, karena kuota Utama tidak akan terpotong selama kuota Lokal masih tersedia dan lokasi pengguna masih berada di wilayah registrasi.

Jika demikian, apa jadinya ketika kuota Lokal Smartfren justru tidak bisa digunakan? Ya, menjawab pertanyaan tersebut, di bawah telah kami siapkan penjelasan mengenai faktor penyebab sekaligus cara mengatasi kuota Lokal Smartfren tidak bisa digunakan, antara lain :

1. Pengguna Berada di Luar Wilayah Registrasi

Pertama, kuota Lokal Smartfren tidak bisa digunakan mungkin karena kalian sedang berada di luar wilayah registrasi atau kota yang ditentukan. Dengan begitu, akses internet hanya bisa digunakan pakai kuota Utama atau bonus lain selain kuota Lokal.

Jika masalah disebabkan oleh faktor ini, maka tidak ada cara untuk mengatasi apapun kecuali kembali ke wilayah yang tercakup area jangkauan penggunaan kuota Lokal. Tapi jika kondisi tidak memungkinkan, padahal kuota Utama Smartfren sudah habis, maka kalian bisa menggunakan cara alternatif yang mengubah kuota Malam jadi kuota Utama atau bonus kuota lainnya yang dimiliki.

2. Masa Aktif Kuota Lokal Sudah Berakhir

Kedua, masalah diatas juga bisa disebabkan karena masa aktif dari bonus kuota Lokal yang dimiliki sudah berakhir. Untuk ketentuan masa aktif kuota Lokal sendiri menyesuaikan masa aktif kuota Utama Smartfren.

Dengan begitu, ketika sisa kuota Lokal masih tersedia dan lokasi penggunaan juga masih di area jangkauan, tetap saja kalian tidak bisa menggunakan bonus kuota tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasinya.

Solusinya agar tetap bisa menikmati akses internet menggunakan kuota Lokal Smartfren, kalian perlu melakukan Top Up kuota terlebih dahulu. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan bonus kuota Lokal lagi dari hasil Top Up kuota tersebut.

3. Terjadi Gangguan Jaringan

Ketiga, kuota Lokal Smartfren tidak bisa digunakan juga bisa terjadi ketik jaringan Smartfren sedang bermasalah. Untuk faktor ini tidak diketahui penyebab utama nya apa, tapi yang jelas ketika jaringan sedang error, maka kuota Lokal tidak bisa digunakan. Bahkan mungkin tidak hanya kuota lokal, tapi kuota Smartfren lainnya pun tidak bisa digunakan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya, terkait solusi tidak ada. Ketika jaringan sedang error, kalian hanya bisa menunggu sampai jaringan kembali normal. Jika sudah normal, maka kuota Lokal dan kuota Smartfren lainnya bisa digunakan kembali.

4. Nomor Smartfren Terblokir

Terakhir, masalah diatas bisa terjadi apabila nomor Smartfren yang berisi bonus kuota Lokal sudah hangus. Dengan begitu, nomor tersebut akan secara otomatis terblokir dan semua kuota di dalamnya tidak bisa digunakan, bahkan untuk menerima SMS dan melakukan panggilan pun sudah tidak bisa.

Jika kalian mengalami masalah ini, kalian bisa melakukan isi ulang pulsa untuk memperpanjang masa aktif. Tapi jika cara tersebut tidak berhasil, kami sarankan untuk menghubungi Call Center atau mendatangi gerai resmi Smartfren terdekat sebagai solusinya.

Disana kalian bisa melakukan pengajuan aktivasi ulang nomor Smartfren yang sudah terblokir. Syarat yang harus dipenuhi cukup menyebutkan NIK atau Nomor KK yang digunakan untuk registrasi nomor. Setelah itu, petugas akan membantu proses aktivasi ulang. Jika sudah, nantinya sisa pulsa maupun kuota Smartfren yang dimiliki bisa digunakan kembali. Tapi tentu dengan catatan masa aktif kuota masih berlaku.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah informasi dari Oolean.id mengenai permasalahan pakat data Lokal Smartfren tidak bisa digunakan. Pada ulasan diatas kami juga menjelaskan beberapa faktor yang ditengarai menjadi penyebab kuota tersebut tidak bisa digunakan.

Selain informasi penyebab, kami juga membagikan beberapa cara untuk mengatasi tersebut sesuai dengan penyebabnya. Semoga adanya pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian para pengguna Smartfren yang kerap kali tidak bisa menggunakan bonus kuota Lokal.