4 Cara Mengatasi Lampu Los Merah Biznet: Penyebab & Pola 2024

Cara Mengatasi Lampu Los Merah Biznet – Lampu LOS merah pada modem merupakan kondisi modem tidak terhubung dengan internet, hal ini bisa dialami oleh semua jenis modem. Baik itu modem Biznet, modem Indihome dan modem lainnya.

Untuk kalian yang pekerjaannya menggunakan internet, kemudian mengalami hal seperti lampu LOS merah tentunya akan sangat merasa kesal. Dan kalian pasti akan bertanya-tanya apa penyebab lampu LOS merah pada modem tersebut?

Penyebab lampu LOS merah pada modem sendiri sebenarnya hampir sama dengan lampu PON merah pada modem, sehingga cara mengatasi lampu LOS merah juga hampir sama dengan CARA MENGATASI LAMPU PON MERAH INDIHOME.

Dan pada kesempatan hari ini, Oolean.id ingin memberikan informasi tentang cara mengatasi lampu LOS merah Biznet. Jadi untuk kalian yang kebetulan menggunakan jasa layanan internet Biznet dan mengalami kendala lampu LOS merah bisa mengikuti cara dari kami berikan hari ini.

Pola Lampu Los Merah Biznet

Pola Lampu Los Merah Biznet

Sebelum berlanjut ke cara mengatasi lampu LOS merah Biznet, kami juga ingin membahas tentang pola lampu LOS merah pada modem terlebih dahulu. Karena lampu indikator pada modem itu memiliki beberapa pola dengan dua warna (merah dan hijau) yang perlu kalian ketahui.

  • Lampu merah mati, artinya tidak terjadi masalah dan perangkat modem dapat menerima sinyal optik dengan baik.
  • Lampu merah hidup, modem tidak dapat tersambung dengan internet namun masih bisa mendapatkan sinyal.
  • Lampu merah berkedip, adanya ganggunan pada jaringan internet optik atau tidak dapat menerima data.

Dengan mengetahui pola lampu LOS merah pada modem, maka kalian bisa memahami penyebab permasalahan tersebut. Dan dari situ juga kalian akan bisa mengatasi penyebab permasalahan tersebut.

Penyebab Lampu Los Merah Biznet

Setelah kalian mengatahui bagaimana pola lampu LOS merah pada modem Biznet, maka kalian juga perlu mengetahui apa saja penyebab lampu LOS merah Biznet agar kalian bisa mengetahui cara mengatasi permasalahan tersebut.

Adapun beberapa penyebab lampu LOS merah Biznet ialah sebagai berikut.

Salah Settingan Modem

Salah Settingan Modem

Penyebab ini bisa terjadi apabila kalian pernah melakukan settingan pada modem sebelumnya, apabila kalian tidak pernah melakukan settingan apapun pada modem. Maka kalian bisa mengabaikan penyebab lampu LOS merah pertama ini.

Sedangkan kalian yang sudah pernah melakukan settingan modem sendiri tanpa mebantuan dari teknisi Biznet, mungkin saja penyebab terjadinya lampu LOS merah bisa terdapat pada kesalahan settingan pada modem.

Kabel Modem Bermasalah

Kabel Modem Bermasalah

Penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan lampu LOS merah pada modem Biznet ialah posisi kabel modem yang bermasalah. Baik itu pemasangannya kurang pas atau bisa juga karena ada kabel yang terputus, baik itu dari bagian kabel optik dari modem atau kabel optik dari ODP.

Terjadi Perbaikan / Maintenance

Terjadi Perbaikan Maintenance

Penyebab lampu LOS merah Biznet terakhir ialah sedang terjadi perbaikan jaringan. Apabila sedang terjadi perbaikan jaringan, biasanya pihak Biznet atau penyedia jasa internet akan memutus sementara koneksi internet sampai porses perbaikan jaringan itu selesai.

Cara Mengatasi Lampu Los Merah Biznet

Apabila anda sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terjadinya lampu LOS merah pada modem, maka kembali lagi ke pokok pembahasan yaitu cara mengatasi lampu LOS merah Biznet. Dengan mengetahui apa saja penyebab lampu LOS merah tersebut, maka kalian bisa mengambil cara mana yang pas untuk mengatasi masalah tersebut.

Restart Modem Biznet

Restart Modem Biznet

Cara mengatasi lampu LOS merah Biznet paling mudah ialah dengan cara restart modem, yaitu dengan cara mematikan modem terlebih dahulu dan tunggu sampai 10 detik, kemudian nyalakan kembali modem.

Cara ini biasanya cara pertama yang disarankan oleh setiap CS penyedia jasa layanan internet kabel. Apabila cara tersebut tidak berhasil mengatasi lampu LOS merah, maka silahkan mengikuti cara mengatasi yang selanjutnya.

Setting Modem Pengaturan Default

Setting Modem Pengaturan Default Untuk Cara Mengatasi Lampu LOS Merah Biznet

Cara mengatasi lampu LOS merah Biznet yang berikutnya ialah setting modem ke pengaturan default atau pengaturan awal. Akan tetapi cara ini hanya dilakukan apabila kalian pernah melakukan settingan modem sendiri tanpa didampingi oleh teknisi dari Biznet.

Apabila kalian tidak pernah melakukan settingan lain di modem alias settingan modem masih posisi default, maka kalian bisa mengabaikan cara mengatasi yang satu ini.

Periksa Kabel Modem Biznet

Periksa Kabel Modem Biznet Untuk Cara Mengatasi Lampu Los Merah

Apabila penyebab lampu LOS merah tersebut merupakan kondisi kabel yang tidak sesuai, maka kalian bisa memeriksa terlebih dahulu bagiamana kondisi kabel modem Biznet. Apakah kondisi modem masih dalam keadaan baik atau pada posisi yang benar atau tidak.

Apabila posisi kabel dirasa tidak sesuai, maka coba posisikan kabel optik pada posisi yang benar dan apakah permasalahannya terpecahkan.

Apabila posisi kabel optik menuju ke modem sudah terpasang dengan benar dan tidak ada kabel yang terputus, coba periksa kondisi kabel dari modem yang menuju ke bagian ODP. Apabila terjadi putus kabel, maka hal tersebutlah penyebab lampu LOS merah.

Apabila kondisi tersebut yang terjadi, maka cara mengatasinya ialah memanggil teknisi Biznet. Karena untuk menyambung kabel optik tersebut diperlukan alat khusus dan pemilik alat khusus tersebut biasanya hanya teknisi dari penyedia jasa layanan internet atau pihak ketiga yang bertanggung jawab untuk maintenance jaringan tersebut.

Menghubungi Pihak Biznet

Menghubungi Pihak Biznet Untuk Mengatasi Lampu Los Merah

Apabila ketiga cara diatas masih belum bisa mengatasi lampu LOS merah pada modem, maka cara terakhir yang dapat dilakukan ialah menghubungi pihak Biznet atau memangil teknisi seperti cara mengatasi diatas. Karena tidak ada cara lagi yang dapat dilakukan apabila kesalahannya bukan ada pada modem.

Berikut ini adalah beberapa alternatif untuk bisa menghubungi Biznet.

  • Call Center: 1500 933
  • Telepon: +6221 5798 1788
  • Email: home_care@biznetworks.com

Demikian itu untuk cara mengatasi lampu LOS merah Biznet yang sekiranya kami dapat berikan kepada kalian pada kesempatan saat ini, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan pada kesempatan hari ini dapat memberikan banyak manfaat dan berguna untuk kalian semua.